Cara Ampuh Agar Mendapat Pahala Menghafal Qur'an Tanpa Menghafal Al Qur'an

Cara Ampuh Mendapat Pahala Tanpa Menghafal Al qur’an
Tanggal Terbit: 30 January 2020
Oleh: Unggul Bayu

Allah telah menjanjikan berbagai keutamaan bagi para penghafal Al-Qur'an. Salah satunya, Allah menawarkan kedudukan yang sangat tinggi di surga. Tinggi derajatnya sama dengan banyaknya ayat yang ia hafal.

“Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan al-Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162 dan dishahihkan al-Albani)
cara ampuh agar mendapat pahal tanpa menghafal al qur’an

Fakta ampuh mendapat pahala dari penghafal al qur'an

bolang pesisir

Tentu, hadits di atas merupakan satu dari sekian banyak dalil yang menunjukkan bahwa Allah sangat memuliakan para pengahfal Al-Qur’an. Selain itu, masih banyak kebaikan yang Allah siapkan untuk ahlul Qur’an, baik di dunia maupun akhirat.

Apakah ada yang berminat untuk menghafal Qur’an? Jika belum, mungkin kita harus menyimak kisah empat anak-anak pesisir dari Tanah Karawang, Jawa Barat.

Julukan Bolang acap kali  diberikan oleh warga sekitar kepada empat orang anak-anak ini, bukan karena karena mereka suka bermain di hutan mengingat mereka anak pesisir, juga bukan karena mereka sekumpulan bocah yang memang sedang shooting kebutuhan tv show Bolang.Namun karena sifat dan semangat mereka dalam menghafalkan Al-Qur’an. Keempat bocah bolang itu adalah Robi (7), Putra (8), Willy (10) dan Ari (8).

putra

Karena kegigihan mereka, tepat pada Senin (16/12/2019) lalu, keempatnya diberikan bantuan pendidikan dan beasiswa atas kerjasama dan peran dari donatur yang telah berdonasi melalui program beasiswa untuk pesisir di Kitabisa.

Putra, salah satu dari mereka mengungkanpan kesungguhannya dalam sekolah juga menghafal Al-Qur’an. “aku putra awalnya aku capek tapi karena aku semangat sekolah dan ingin menghafal al qur’an makanya aku semangat,” ujar putra yang sudah menghafal selama tiga bulan di madrasah pesisir Karawang.

Di usia mudanya, Putra dan keempat temannya tidak mementingkan berapa jumlah hafalan seperti anak-anak pada umumnya, namun lebih dari itu yang dapat ia kumpulkan. karena untuk mengaji saja putra dan keempat temannya harus bergantian al qur’an, belum lagi tempat mereka mengaji yakni tpa mereka, alhasil kenapa putra, dan keempat temannya disebut bolang pesisir, karena kebiasaan mengaji mereka yang keliling pesisir.

Putra dan keempat temannya merasa beryukur karena bisa menghafal Qur’an, karena dengan giat menghafal qur’an putra dan teman-temannya bisa mendapat bantuan untuk tetap sekolah dan muhsaf masing-masing.

Putra dan bocah pesisir lainnya membuktikan bahwa Sekolah dan menghafal Al Qur’an bukan menjadi halangan bagi anak-anak pesisir. Walaupun kami miskin, kami semuaanya dapat menjadi bagian dari keluarga Allah dengan cara menjadi hafiz. Maka, tidak ada alasan bagi kita menunda-nunda waktu untuk menghafalkan Al-Qur’an. Selagi sempat, segera raih Qur’an kita dan mulailah menghafalkan ayat demi ayat.

Tapi, ada pertanyaan yang muncul kenapa mereka masih semangat ngaji dan mengahafal al qur’an sedangkan madrasah maupun tpa di daerah pesisir sangat sedikit, bahkan tidak ada, jika ada sudah rusak, dan jauh di seberang?

madrasah pesisir
Maka jawabannya ada di kisah dari Pak Karto, seorang ustaz yang mengajar dengan keterbatasan yang dimiliki untuk tetap semangat mengajar anak-anak di pesisir Kampung Nelayan Praubosok, Karawang.

Pak Karto adalah ustaz dari putra, dan anak-anak pesisir lainnya, pak karto berujar dari sepenggal dakwahnya kepada anak-anak dan masyarakat di pesisir.

“Tetaplah semangat menuntut ilmu, dan menghafal al qur’an walau kamu miskin sekalipun, Namun, jika belum dapat menghafal Al-Qur’an, dan anak-anak kita pun belum menghafalkan Al-Qur’an, maka ada cara lain yang inysaAllah sama nilainya. Yaitu, menginfakkan harta untuk membiayai orang-orang yang sedang menghafalkan Al-Qur’an.

pak karto

Maka, tidak ada alasan bagi kita untuk berbuat baik dan menebarkan kebaikan di muka Bumi ini. Karena hakikatnya kehidupan di dunia adalah ajang mencari bekal sebanyak-banyaknya untuk kehidupan abadi di akhirat.

anak anak pesisir

Ingin bersedekah untuk memberdayakan masyarakat pesisir danpara penghafal Al-Qur’an?
Klik sedekah.niatbaik.or.id

Share atikel cara ampuh menghafal al qur’an tanpa menghafal ini kepada Temanmu Lewat :

download

Sekarang sudah tersedia di semua platform silahkan unduh Aplikasi FishOn, dan bantu para nelayan di Indonesia.

Pelajari Lebih lanjut
  • FAQ
  • Mitra
  • Relawan
  • Pusat Bantuan
  • Konfirmasi Donasi
Tentang Kami
  • Tim
  • Karir
  • Blog
  • Testimoni
  • Tentang Niat Baik
Lebih Dekat Dengan Kami
  • Komunitas
  • Merchandise
  • Hubungi Kami
  • Dapatkan Bantuan
  • Laporan dan Keuangan
All Rights Reserved Niat Baik Sinergi Foundation
Copyright 2020
×

Hallo!

Assalamu'alaikum
Butuh informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi kami melalui Whatsapp kami, atau kirim email melalui ask@niatbaik.or.id

× Whatsapp