Tangkapan-Ikan-Menurun-290814-fik-1

Mereka yang Menggantungkan Hidup Dari Cuaca

Pantai Kelan terletak di Desa Kelan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, yang satu garis dengan Pantai Kedonganan dan Jimbaran. Pantai ini memang dikenal oleh masyarakat sebagai tempat para nelayan memarkirkan perahunya.

Kehidupan nelayan itu bergantung cuaca, jika angin barat tentunya para nelayan tak bisa melaut karena badai cukup besar, tetapi jika musim angin timur cuaca stabil dan bisa melaut lagi.

Jika cuaca buruk seperti angin kencang dan gelombang tinggi, sulit bagi nelayan untuk bisa mendapatkan ikan. Angin kencang dan gelombang tinggi menyebabkan hasil tangkapan ikan hanya sedikit.

Hal tersebut seringkali membuat rugi nelayan karena hasilnya hanya cukup untuk membeli bahan bakar perahu. Saat ini biaya perlengkapan perahu tidak sebanding dengan hasil tangkapan ikan yang tidak menentu.

Menjadi nelayan yang hanya mengandalkan hasil tangkapan ikan, sebenarnya tidak cukup untuk biaya kehidupan sehari-hari. Apalagi kebanyakan nelayan di Pantai Kelan adalah buruh yang  masih memakai perahu juragan.

Memasuki musim paceklik, saat angin barat berhembus kencang, Nelayan banyak yang tak melaut, memilih tinggal di rumah atau pulang kampung.

Sejatinya nelayan di Kuta rata-rata berasal dari luar Bali seperti Madura, Jember, Banyuwangi, dan lainnya. Sebab sudah tidak banyak lagi nelayan asli Bali yang mau melaut.

Sumber Gambar : Jurnalasia.com

Referensi :

https://bali.tribunnews.com/2019/01/12/cuaca-ekstrem-nelayan-pantai-kelan-pilih-melaut-pagi-hari?page=2

https://industri.kontan.co.id/news/masa-depan-laut-indonesia-dalam-protret-kehidupan-nelayan-tradisional

https://bali.tribunnews.com/2018/05/19/kerasnya-hidup-sebagai-nelayan-yang-menggantungkan-hidup-pada-cuaca?page=2

Supported By

Niat Baik Sinergi Foundation didukung dan Bekerjasama dengan Partner Baik Berikut

Tertarik Program Kami ?

Kamu bisa meninggalkan alamat email kamu untuk mengikuti setiap kegiatan mulia maupun aksi-aksi heroik dari Niat Baik Sinergi.

All Rights Reserved Niat Baik Sinergi Foundation

Copyright 2020